Selasa, 29 Desember 2009

Pasta Gigi Kita




Kebutuhan akan pasta gigi adalah penting, karena mereka membutuhkan pasta gigi untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi mereka.

Segmentasi pasar yang yang dilakukan atas dasar manfaat yang diberikan oleh produk banyak dipergunakan oleh produsen pasta gigi. Segmen pasar untuk pasta gigi dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bagian yaitu mereka yang menekankan pada aspek ekonomi, proteksi atau perlindungan terhadap gigi dan manfaat berupa rasa pasta gigi. Setiap kelompok mempunyai karakteristik yang berbeda-beda yaitu demografi, psikografi dan perilaku yang spesifik.

Bagi mereka yang menekankan pada aspek ekonomi mungkin mereka akan memperhitungkan dari segi harga yang disesuaikan dengan pendapatan mereka dan memutuskan untuk memilih harga pasta gigi yang murah sehingga terjangkau oleh pendapatan mereka dan kebutuhan yang lain pun dapat terpenuhi.

Bagi mereka yang menekankan pada proteksi atau perlindungan terhadap gigi menganggap harga bukanlah masalah karena yang penting bagi mereka adalah manfaat dari pasta gigi tersebut. Karena manfaat pasta gigi yang utama adalah untuk memberikan perlindungan terhadap gigi sehingga gigi menjadi sehat dan terawat. Faktor kesetiaan terhadap produk juga dapat mempengaruhi , karena apabila sesorang merasa cocok terhadap produk pasta gigi tersebut maka mereka akan percaya dan tidak akan beralih keproduk pasta gigi lain sekalipun harga pasta gigi tersebut menjadi mahal. Inilah yang seharusnya diperhatikan produsen pasta gigi untuk tetap menjaga mutu dari produknya.

Bagi mereka yang menekankan pada manfaat berupa rasa pasta gigi akan memilih pasta gigi sesuai rasa yang mereka sukai. Hal ini umumnya dapat kita lihat pada anak-anak, karena biasanya anak-anak menyukai pasta gigi dengan rasa buah-buahan seperti rasa apel, jeruk, strawberry dan lain-lain. Hal ini menjadi perhatian para orang tua karena dengan adanya pasta gigi dengan aneka rasa buah maka anak-anak yang biasanya malas untuk menggosok gigi menjadi rajin untuk gosok gigi karena mereka menyukai rasa pasta gigi tersebut.



referensi : seri diktat kuliah manajemen pemasaran, hargo utomo 1993

0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates