Kamis, 31 Desember 2009
Segmentasi Demografis Melibatkan pembagian pasar berdasarkan variabel-variabel demografis seperti usia, seks, ukuran keluaga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan. Bersandarnya para pemasar terhadap karakteristik demografis ini karena mereka sering kali terkait erat dengan kebutuhan dan prilaku ini karena mereka sering kali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku ini karena mereka sering kali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku pembeli para konsumen serta dapat langsung diukur.
Contoh Segmentasi demografis adalah pendekatan segmentasi ukuran keluarga. Produsen mobil PT. ASTRA meluncurkan produk mobil kijang tipe LX atau sering disebut dengan kijang kapsul memasarkan produknya secara besar-besaran di Indonesia dengan membidik calon konsumennya dari kalangan kaum berkeluarga karena mobil jenis ini sangat pas untuk keluarga, dilihat dari ukurannya, mobil kijang kapsul ini cukup besar dan bisa menampung lebih dari 4 orang. Hal ini tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi para keluarga karena dengan menggunakan satu mobil saja seluruh anggota keluarga bisa terangkut tanpa harus menggunakan beberapa mobil.
Dengan adanya pengetahuan tentang segmentasi, produsen bisa mempelajari dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dari para konsumennya.
Referensi : http://e-chandra.blogspot.com/2008/09/segmentasi-pasar.html
Contoh Segmentasi demografis adalah pendekatan segmentasi ukuran keluarga. Produsen mobil PT. ASTRA meluncurkan produk mobil kijang tipe LX atau sering disebut dengan kijang kapsul memasarkan produknya secara besar-besaran di Indonesia dengan membidik calon konsumennya dari kalangan kaum berkeluarga karena mobil jenis ini sangat pas untuk keluarga, dilihat dari ukurannya, mobil kijang kapsul ini cukup besar dan bisa menampung lebih dari 4 orang. Hal ini tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi para keluarga karena dengan menggunakan satu mobil saja seluruh anggota keluarga bisa terangkut tanpa harus menggunakan beberapa mobil.
Dengan adanya pengetahuan tentang segmentasi, produsen bisa mempelajari dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dari para konsumennya.
Referensi : http://e-chandra.blogspot.com/2008/09/segmentasi-pasar.html
Label: Perilaku Konsumen
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)