Kamis, 31 Desember 2009
Segmentasi Psikografis adalah metode memilah-milah suatu pasar kedalam segmen-segmen nilai dan gaya hidup (value and lifestyle) yang dianut. Dengan asumsi bahwa dalam lingkungan yang homogen sekalipun, pola akfititas, konsumsi dan perilaku tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung nilai dan gaya hidupnya. Segmentasi Psikografis mencoba mengelompokkan dinamika preferensi dan pilihan konsumen/pemakai berbasiskan kecederungan psikologis.
Misalnya Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma. Meskipun mereka memiliki jurusan yang sama (homogen), tetapi nilai dan gaya hidup mereka berbeda dan akan mempengaruhi pola kunjungan ke perpustakaan. Bagi Mahasiswa/i yang gemar membaca mereka akan sering berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku yang mereka sukai, bagi Mahasiswa/i yang suka dunia olahraga, mereka akan berkunjung ke perpustaan untuk mencari koran atau majalah yang berkaitan dengan berita olahraga. Bagi Mahasiswa/i yang aktifis organisasi kemahasiswaan kampus, tiap pagi hari akan mampir ke perpustakaan, yang dibaca pertama kali adalah surat kabar bagian politik dan ekonomi, Sedangkan mahasiswa/i yang lebih berorientasi studi, tiap hari akan ke perpustakaan, tetapi sore hari, dengan jenis bacaan yang beragam, tetapi kebanyakan yang terkait dengan mata kuliah yang sedang diambil. Begitulah gaya hidup Mahasiswa/i yang berbeda-beda akan pola kunjungan ke perpustakaan.
Referensi : http://hendrowicaksono.multiply.com/journal/item/18
Label: Perilaku Konsumen
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)